Literasi Dasar yang Wajib Dikuasai Pelajar



Gema Gerakan Literasi Nasional (GLN) bergaung cukup keras akhir-akhir ini. Pemerintah berusaha dengan berbagai cara untuk menjadikan GLN menjadi gerakan yang mendarahdaging di sekolah.

Gerakan Literasi Nasional merupakan upaya untuk memperkuat sinergi antarunit utama pelaku gerakan literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuhkembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia.

Gerakan ini akan dilaksanakan secara menyeluruh dan serentak, mulai dari ranah keluarga sampai ke sekolah dan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Meningkatkan literasi bangsa perlu dibingkai dalam sebuah gerakan nasional yang terintegrasi, tidak parsial, sendiri-sendiri, atau ditentukan oleh kelompok tertentu.

Pelajar sebagai bagian masyarakat yang memiliki porsi lebih banyak untuk membaca buku dipandang sebagai sosok yang sangat penting untuk melaksanakan gerakan literasi nasional.

Literasi sendiri merupakan seperangkat kemampuan dan keterampilan  individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah kira-kira apa saja literasi yang wajib dikuasai para pelajar. Ada lima literasi dasar yang wajib dikuasai para pelajar.

1. Literasi Baca Tulis

Literasi baca tulis adalah kemampuan untuk :
a. memahami isi teks tertulis, baik yang tersirat maupun tersurat, dan menggunakannya untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi diri.
b. menuangkan gagasan dan ide-ide dalam tulisan dengan susunan yang baik untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

Adapun proses literasi baca tulis adalah sebagai berikut.
a.  Membaca dan menulis bersuara
b. Membaca dan menulis terpadu.
c. Membaca dan menulis bersama.
d. Membaca dan menulis mandiri.

2. Literasi Numerasi


Literasi Numerasi adalah kecakapan untuk menggunakan berbaai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.

Literasi numerasi juga merupakan Kecakapan untuk menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk grafik, tabel, bagan dan menggunakan interpretasi hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan.

Literasi numerasi penting agar kita dapat memahami dunia yang penuh angka dan data. Juga agar kita dapat berpikir rasional, sistematis, kritis dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan dalam berbagai konteks

3. Literasi Sains

Literasi Sains adalah kecakapan memahami fenomena alam dan sosial di sekitar kita. Juga merupakan kecakapan untuk mengambil keputusan yang tepat secara ilmiah agar kita dapat hidup dengan lebih nyaman, lebih sehat dan lebih baik.

Literasi Sains penting agar kita mampu :
1. Berpikir dengan kritis
2. Menyelesaikan masalah dengan kreatif
3. Bekerja sama dengan orang lain.
4. berkomunikasi dengan baik.


4. Literasi Finansial


Literasi finansial merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep, risiko, keterampilan dan motivasi dalam konteks finansial

Literasi finansial penting agar kita dapat membuat keputusan yang efektif untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, baik individu maupun sosial, dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

5. Literasi Digital

Literasi digital merupakan kecakapan menggunakan media ditigal dengan beretika dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi.

Literasi Digital akan membuat kita mampu :
1. Berpikir kritis, kreatif, dan inovatif
2. Memecahkan masalah
3. Berkomunikasi dengan lebih lancar
4. Berkolaborasi dengan lebih banyak orang

6. Literasi Budaya dan Kewargaan

Literasi budaya dan kewargaaan berarti memadupadankan barang, tempat atau tarian yang mengandung unsur kebudayaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan pembaca tentang ragam jenis kebudayaan yang ada di Indonesia.

Mengidentifikasi jenis kekayaan budaya dan menyebutkan daerah asal


Keenam literasi tersebut merupakan literasi dasar yang wajib dikuasai oleh para pelajar agar mampu menghadapi tantangan kehidupan sekarang maupun yang akan datang.

0 Comments

Post a Comment