Otomasi Perpustakaan Menggunakan DSI Pustaka

Ilustrasi otomasi perpustakaan
sumber : https://nurulfikriatiayuhapsari.wordpress.com/2016/05/01/sistem-otomasi-perpustakaan/


Teknologi membawa banyak perubahan dalam bidang kehidupan manusia, termasuk juga dalam bidang perpustakaan. Pada masa lampau, perpustakaan hadir ke publik -baik di sekolah maupun masyarakat umum dengan membawa banyak manfaat. Kehadiran perpustakaan di tengah-tengah sebuah lingkungan menunjukkan adanya tradisi membaca buku.

Jika dahulu, kita para pemustaka datang ke perpus dengan membawa buku peminjam yang penuh dengan coretan tangan, sekarang dengan adanya otomasi perpustakaan, pemustaka cukup membawa satu kartu untuk meminjam buku perpustakaan.

Perubahan dari buku peminjam ke kartu peminjam terjadi sebagai akibat dari adanya otomasi perpustakaan, tak terkecuali di SMA N 1 Purwodadi. 

Otomasi yang dipergunakan di SMA Negeri 1 Purwodadi adalah DSI Pustaka, sebuah otomasi yang cukup lengkap mempermudah kerja tenaga perpustakaan maupun mempercepat proses peminjaman para peserta didik.

Bidang Pengolahan

Dalam bidang pengadaan, DSI Pustaka mempermudah untuk menginventarisasi buku yang telah diterima sebagai hasil dari proses pengadaan bahan pustaka. Setelah buku diterima, sudah menjadi tugas petugas perpustakaan untuk menginventarisasi buku. Daftar buku dimasukkan ke dalam komputer dengan menggunakan aplikasi DSI Pustaka. Mulai dari judul buku, pengarang, tahun terbit, jenis buku, jenis klasifikasi, nomor panggil dan lain-lain. 

Bidang Sirkulasi

Setelah data buku dimasukkan, pemustaka bisa meminjam buku dengan waktu yang relatif cepat. Pemustaka tidak perlu menunggu petugas perpustakaan mencata nomor buku dan nomor peminjam, namun cukup dengan menscan barcode pada buku dan kartu anggota, proses peminjaman sudah berlangsung dalam waktu kurang dari 1 menit.

Keanggotaan

Dengan adanya DSI Pustaka, semua data anggota perpustakaan dimasukkan, meliputi nama, tanggal lahir, alamat dan jenis kelamin. Untuk para peserta didik cukup memasukkan NIS yang berfungsi juga sebagai nomor anggota perpustakaan, sementara untuk para PTK dengan memasukkan data tanggal lahirnya.


Keberadaan DSI Pustaka dengan demikian memberikan dampak yang cukup menggembirakan dalam dunia perpustakaan.

0 Comments

Post a Comment