Layanan Perpustakaan SMAN 1 Purwodadi



Kegiatan yang penting setelah pengolahan bahan pustaka adalah pelayanan bahan pustaka. Tujuan perpustakaan memberikan pelayanan kepada para pembaca adalah agar bahan pustaka yang telah dikumpulkan dan diolah sebaik-baiknya itu dapat sampai ke tangan pembaca (Karmidi Martoatmojo, 2009: 1.4).
Menurut Karmidi Martoatmojo (2009: 1.1) ada dua macam layanan perpustakaan, yaitu:
1. Layanan Teknis.
2. Layanan Pembaca.
Yang dimaksud dengan layanan teknis adalah pekerjaan perpustakaan dalam mempersiapkan buku agar nantinya dapat digunakan untuk menyelenggarakan layanan pembaca. Layanan teknis ini erat kaitannya dengan kegiatan pengolahan bahan pustaka.

Sedangkan yang dimaksud dengan layanan pembaca antara lain:
1. Layanan pada berbagai jenis perpustakaan.
2. Layanan ruang baca.
3. Layanan sirkulasi bahan pustaka.
4. Layanan rujukan.
5. Layanan abstrak dan indeks.
6. Layanan informasi mutakhir.
7. Layanan foto kopi.
8. Layanan literatur.

Beberapa layanan yang dilaksanakan oleh perpustakaan SMA Negeri 1 Purwodadi:

1. Layanan Ruang Baca.

Di perpustakaan SMA Negeri 1 Purwodadi sudah memiliki ruang baca yang cukup luas untuk kegiatan membaca buku. Disana juga tersedia meja dan kursi yang cukup banyak pula. Meja yang digunakan untuk layanan ruang baca juga dilengkapi dengan sekat pembatas agar pembaca tidak saling terganggu dan lebih berkonsentrasi dengan bahan bacaan yang sedang dibacanya.

2. Layanan Sirkulasi Bahan Pustaka.

Kegiatan layanan sirkulasi yang berlaku di Perpustakaan SMA Negeri 1 Purwodadi yaitu melayani  peminjaman dan pengembalian buku-buku perpustakaan sekolah. Pelayanan kepada pengunjung perpustakaan (pembaca) yang terdiri dari murid-murid, guru-guru dan anggota staf sekolah.

Sistem layanan yang digunakan Perpustakaan SMA Negeri 1 Purwodadi yaitu sistem terbuka, dimana siswa diperbolehkan mencari dan mengambil sendiri buku-buku yang dibutuhkan. Setelah buku yang dibutuhkan peminjam dapat ditemukan, maka selanjutnya peminjam membawa buku ke bagian sirkulasi dan harus menunjukkan kartu anggota atau kartu peminjam.

0 Comments

Post a Comment